Catatan Setyo

Sebuah catatan warna-warni kehidupan


Kunci Membangun Loyalitas Konsumen

| 0 Comments

Kesuksesan dalam berbisnis dan berkarir merupakan cita-cita bagi sebagian besar orang. Tingkat kesuksesan ini dapat diukur dari berbagai aspek, salah satunya dari tingkat loyalitas konsumen Anda. Pasar yang kompetitif saat ini menuntut Anda untuk berpikir ekstra untuk mendapatkan konsumen, karena dengan jumlah konsumen yang semakin banyak akan semakin menunjang bisnis dan karir Anda.

Ada banyak cara dalam membangun loyalitas konsumen pada bisnis Anda dan diri Anda sendiri. Semua cara yang selama ini ada pada dasarnya adalah sama, tinggal bagaimana caranya mengembangkan metode-metode yang sudah ada agar bisa sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani. 

Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Jumlah penawaran produk dan jasa saat ini sangatlah beragam, untuk itu perlu upaya dalam membangun dan memlihara hubungan baik dengan konsumen agar konsumen selalu bersama dengan Anda. Kemampuan dalam menjalin hubungan jangka panjang menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga konsumen. Hubungan ini tidak terbatas pada hubungan jual beli tetapi lebih kepada hubungan baik antar sesama manusia.

Silaturahmi menjadi penting dalam pokok pembahasan ini.

Bermitra untuk Mendapatkan Profit bersama

Kemitraan yang saling menguntungkan menjadi kunci kedua dalam membangun loyalitas konsumen. Dapat dipastikan mitra usaha / bisnis pasti menginginkan kemajuan bisnisnya, dengan kata lain orang lain bermitra dengan Anda pasti menginginkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bersama. Pendekatan kemitraan untuk mendapat keuntungan bersama menjadi jalan untuk bermitra dan menjaga loyalitas konsumen.

Penjualan Konsultatif


Pendekatan ini berhubungan dengan cara Anda menjadi seorang konsultan dalam bisnis. Memposisikan diri Anda sebagai konsultan yang siap mendengarkan, memberikan saran dan menjadi solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh konsumen. Pusatkan seluruh upaya dan perhatian Anda dalam membantu konsumen meningkatkan bisnis konsumen, mencapai tujuannya dan memenuhi seluruh kebutuhan konsumen.
Inti dari semua ini adalah menjaga kepuasan pelanggan, ketika pelanggan merasa puas akan pelayanan kita maka secara tidak langsung akan mempromosikan produk dan jasa yang kita tawarkan.
Ditulis ulang dari blog Brian Tracy.

Islam sendiri sebagai agama yang haq, telah mengajarkan pada kita untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain, menjalin silaturahmi, menjaga kejujuran dalam bermitra, menjaga pelayanan, dan masih banyak lagi teori-teori bisnis modern saat ini dikemukakan oleh banyak orang telah lama diajarkan dan menjadi nilai-nilai Islam.

Leave a Reply