Catatan Setyo

Sebuah catatan warna-warni kehidupan


Menumbuhkembangkan Jiwa Wirausaha di Perguruan Tinggi

| 0 Comments

Jumlah lulusan perguruan tinggi di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Meningkatnya jumlah lulusan ini ternyata belum diimbangi dengan jumlah lapangan kerja bagi lulusan perguruan tinggi. Hal ini menyebabkan bertambahnya pengangguran di Indonesia.

Lulusan perguruan tinggi kebanyakan berpikir untuk mencari kerja setelah lulus. Hal ini tidak salah, namun ketika lulusan perguruan tinggi berpikir untuk memulai sebuah usaha, merupakan hal yang luar biasa. Dengan rendahnya minat wirausaha dan lapangan pekerjaan yang tersedia sekarang ini mendorong pihak perguruan tinggi menumbuhkembangkan jiwa wirausaha di lingkungan kampus.

Ada banyak cara yang ditempuh untuk memupuk jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa, salah satu contohnya adalah melalui lomba wirausaha, pekan wirausaha mahasiswa, pusat kewirausahaan kampus, seminar, pelatihan bisnis dan masih banyak lagi dan bahkan menyelenggarakan matakuliah kewirausahaan.

Beragam cara ini ditempuh untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan sejak bangku perkuliahan, sehingga diharapkan lulusan perguruan tinggi di Indonesia mampu untuk berkarya menciptakan lapangan kerja baru guna mengurangi angka pengangguran yang masih sangat tinggi di Indonesia minimal bagi masyarakat di sekitarnya.

[ Sumber ]

Leave a Reply