Catatan Setyo

Sebuah catatan warna-warni kehidupan


Harapan Wajib Pajak pada Pemerintah

| 2 Comments

Bagiku pajak merupakan salah satu hak dan kewajiban seorang warga negara kepada negara. Selain itu, pajak merupakan setoran dana kepada pemerintah untuk dikelola demi kesejahteraan masyarakat. Pajak ini adalah salah satu bentuk pendapatan pemerintah.

Pajak juga merupakan amanat yang harus disampaikan dan dikelola dengan baik. Dengan adanya pajak, operasional pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

Kenapa kali ini, saya menyinggung soal pajak. Saya seorang pemuda yang sedang belajar menjadi entrepreneur bersama sahabat saya. Sebuah usaha yang memiliki kewajiban untuk menyalurkan pajak dari setiap pendapatan kami. 

Setiap bulan kami melaporkan pajak dari hasil usaha kami. Pajak yang kami harapkan dikelola dengan baik oleh pemerintah. 

Namun belakang ini aku menjadi kecewa dengan sikap pemerintah yang seenaknya sendiri di atas sana. Sibuk dengan sikut kanan dan kiri demi kepentingan kelompok / partainya sendiri. Apalagi dengan kasus korupsi yang sering terjadi membuatku semakin marah. 

Pajak yang kami setorkan memang belum seberapa. Tapi jika dihitung, jika setiap wajib pajak menyetorkan pajaknya kepada pemerintah, dapat dibayangkan berapa rupiah yang diterima pemerintah. Pasti jumlahnya banyak. Dan ada sebagian dari uang tersebut digunakan tidak semestinya dan dikorupsi.

Saya yakin dan percaya bahwa seluruh wajib pajak yang baik di Indonesia tidak malas untuk membayar pajak, dan mereka mau memenuhi kewajibannya membayar pajak. Tapi ketika pemerintah tidak bisa mengelola pajak dengan baik, tentu akan membuat para wajib pajak di negara ini enggan membayar pajak.

Harapan kami hanya satu yaitu pemerintah dapat mengelola dengan baik pajak yang disetorkan kepada pemerintah demi kesejahteraan masyarakat.

Kami tidak ingin terus-menerus mengeluh, kami ingin berkarya untuk Indonesia, minimal untuk orang-orang disekitar kami.

2 Comments

  1. Hai. aku juga punya materi yang berhubungan dengan wajib pajak. kunjungi saja di. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/503/1/kartawan_108-116.pdf

  2. Terima kasih atas share artikelnya,, bisa jadi referensi tambahan..

Leave a Reply