Catatan Setyo

Sebuah catatan warna-warni kehidupan


Persahabatan

| 0 Comments

Persahabatan merupakan sebuah hubungan yang erat antara individu satu dengan yang lainnya. Persahabatan yang sejati terjalin bukan berdasar pada adanya kebutuhan semata, namun lebih kepada ketulusan dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia. Persahabatan sejati tidak mengenal kata pamrih.

Namun apakah selama ini kita telah menjalin persahabatan yang baik dengan sahabat kita? Sudah tuluskah kita menjalin persahabatan dengan orang lain? Untuk itu kita harus lebih mengoreksi diri sendiri sudah sejauh manakah kita melandaskan ketulusan dalam menjalin persahabatan.

Dalam mencari sahabat / teman kita pun perlu hati-hati dalam memilih, salah - salah sahabat kita malah akan menjerumuskan kepada hal - hal negatif yang akan membuat kita semakin jatuh. Untuk itu kita perlu cermat dalam memilih sahabat.

Secara garis besar sahabat yang baik adalah :
  1. Sahabat yang mempunyai akhlak yang baik. Dengan akhlak yang baik hubungan persahabatan yang dijalin akan berjalan sesuai dengan koridor norma-norma yang berlaku. Tidak hanya itu, sahabat secara otomatis mengingatkan kita ketika berbuat salah.
  2. Sahabat yang tidak suka maksiat. Hubungan persahabatan akan sangat mempengaruhi diri kita, jika kita bersahabat dengan orang yang suka maksiat maka secara tidak langsung kita akan terbawa kepada hal-hal yang berbau maksiat meskipun hanya perbuatan yang sepele.
  3. Sahabat yang bukan pecinta dunia. Pecinta dunia akan mendasarkan seluruh kegiatannya sehari-hari pada dunia semata. Pecinta dunia hanya akan memikirkan hidupnya sendiri dan hanya untuk senang-senang semata. Pecinta dunia hanya akan memikirkan keuntungan pribadi tanpa memperhatikan kepentingan orang lain.


Leave a Reply