Catatan Setyo

Sebuah catatan warna-warni kehidupan


Masjid Sebagai Tempat Bersosialisasi

| 0 Comments

Sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat hidup sendiri. Semua hal dapat dilakukan dengan adanya campur tangan orang lain. Oleh karena itu sosialisasi merupakan hal harus kita lakukan setiap hari. Dengan bersosialisasi, secara tidak langsung kita menjaga keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani.

Sebagai contoh sarana sosialisasi adalah masjid. Kenapa masjid? Perlu kita ketahui, banyak hal yang bisa berawal dari sebuah masjid. Selain sebagai tempat beribadah, masjid juga berfungsi sebagai tempat sosialisasi. Secara nalar, salat berjamaah dilakukan di masjid / mushala dan di sanalah kita bertemu dengan orang lain dan secara otomatis kita telah bersosialisasi.

Senyum yang kita tebar ketika bertemu orang lain pun termasuk sebagai sarana sosialisasi dimana kita menjalin hubungan baik dengan orang lain. Selain itu, ucapan salam yang kita sampaikan kepada jamaah lain merupakan wujud penghormatan kita, wujud penghargaan kita kepada orang lain.

Sungguh indah dan sungguh penuh rahasia masjid itu. Keindahaan itu dapat dirasakan jikalau kita terus berusaha untuk selalu memakmurkan masjid. Rumah Allah SWT.

Leave a Reply