Catatan Setyo

Sebuah catatan warna-warni kehidupan


Pengenalan Database

| 0 Comments

Database merupakan sekumpulan data yang menggambarkan aktivitas-aktivitas para pelakunya dalam suatu organisasi, misalkan database bank akan berisi nasabah, nomor rekening, cabang bank, dan karyawan. Nama-nama nasabah juga dapat disebut sebagai database.

Database Management System memungkinkan kita untuk melakukan penyimpanan database secara terkomputerisasi dengan baik. DBMS sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk dapat melakukan utilitas dan mengelola koleksi data dalam jumlah besar guna melakukan manipulasi data secara lebih mudah. Selain itu, DBMS juga menjadi antarmuka pengguna database dengan data yang disimpan. Penyimpanan data oleh DBMS disesuaikan dengan bentuk model datanya.

DBMS memudahkan pengguna dalam mendefinisikan data yang akan disimpan dalam suatu bentuk yang dinamakan dengan model data. Model data merupakan suatu konsep untuk mendefinisikan suatu data yang akan disimpan dalam suatu media. Secara umum terdapat tiga model data yang digunakan untuk memodelkan penyimpanan data yakni model hirarki, model jaringan, dan model rasional

Leave a Reply